The Leap (Lompatan) — Jonathan Stroud

12857507

Penulis: Jonathan Stroud

Penerjemah: Jonathan Aditya Lesmana

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Waktu Terbit: Oktober 2011

Tebal: 240 hlm

Buku kedua Jonathan Stroud yang saya baca setelah Bartimaeus #1. Padahal harusnya saya lanjutin seri itu dulu, apa daya saya lebih memilih yang lebih tipis dahulu hahaha. Omong-omong, buku yang satu ini tampaknya tidak begitu terkenal, bisa dilihat dari readers di goodreads dan dari header twitter Stroud sendiri—buku ini nggak terpajang! (penting banget).

The Leap memang beda dengan seri Bartimaeus. The Leap lebih sendu-sendu kelabu, sementara Bartimaeus lebih lugas dan lawak. Tapi dari segi bahasa, saya persembahkan jempol-jempol saya untuknya (hanya diacungkan, tidak saya potong terus kasih ke dia). Mungkin salah satunya memang karena ini juga, The Leap tidak begitu cetar. Bahasanya memang bagus, namun terkesan terlalu panjang untuk ceritanya. Sempet berhenti di tengah-tengah lama banget sebelum kembali lanjut baca. Deskripsinya semacam terlalu detail dan penuh perumpamaan (meskipun di lain konteks saya suka sih, muahaha).

Halah, kok malah banding-bandingin ya. =))

Saya suka kok, ceritanya. Meskipun kesimpulan akhir mengenai apa yang ‘diperbuat’ si tokoh utama selama ini bisa jadi terkesan remeh. Dan emang gemes juga saya sama si tokoh utama (Charlotte aka Charlie). Berasa pengen guncang-guncang bahunya dan berseru: Please, Charlie, bangun! Penggambaran tempat-tempat yang dilalui Charlie untuk menemukan Max juga dapet suramnya. Max, temannya Charlie yang diyakini masih hidup—yang membuatnya tampak agak ‘gila’. Dan kakaknya, James, di sini berperan sebagai kakak yang agak bodoh namun berusaha keras untuk mengembalikan kondisi Charlie, malah sedikit menghibur buatku.

Covernya bagus banget btw!

Tiga bintang dari lima bintang untuk buku ini.

Author: wingedwind

Aku adalah aku yang sebagian aku tahu dan sebagian aku tak tahu.

Leave a Reply

