The Witches (Ratu Penyihir) — Roald Dahl

6348800

Judul: The Witches (Ratu Penyihir)

Penulis: Roald Dahl

Ilustrator: Quentin Blake

Penerjemah: Diniarty Pandia

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Waktu Terbit: Januari 2010 (Cetakan kelima)

Tebal: 240 hlm

Hei, tahukah kamu kalau semua penyihir itu wanita?

Setidaknya begitulah yang ada di novel ini.

Penyihir dalam novel ini digambarkan sangat membenci anak-anak dan ingin melenyapkannya satu per satu dari dunia. Penyihir selalu memakai sarung tangan, tidak berjari kuku dan sesungguhnya botak! Selalu ada cerita mengenai anak-anak yang hilang secara tiba-tiba, dan pelakunya adalah penyihir. Tokoh utama dalam novel ini adalah seorang anak laki-laki yang tinggal bersama neneknya. Neneknya lebih tahu mengenai penyihir, dan ia menceritakan ciri-ciri serta kenyataan penyihir itu pada cucunya.

Pengalamannya bertemu para penyihir terjadi ketika liburan musim panas di Norwegia. Mereka menyewa kamar di hotel dan tanpa sengaja si Aku (si cucu) masuk ke dalam sebuah ruangan dengan tikus peliharaannya. Tak tahunya itu adalah ruangan di mana para penyihir akan mengadakan rapat. Celakanya ia terjebak di situ. Selanjutnya….. silakan baca sendiri. Daripada spoiler, kan? hahaha.

Novel ini bagus, walaupun agak menyeramkan. Gambar penyihir-penyihir yang botak dan berhidung aneh itu pun jelek banget (maksudnya, tampang mereka jelek, bukan seni gambarnya yang jelek). Ada tokoh anak laki-laki lain yang bernama Bruno Jenkins yang hobi makan, dan masih saja menyebalkan dan egois meskipun dia sudah berubah menjadi tikus. Tapi cukup menghibur sih dia, dengan caranya. Novel ini juga menyajikan kehangatan dan kasih sayang yang bisa diberikan seorang nenek pada cucunya—-apa pun yang terjadi :”)

Ada kutipan terkenal di novel ini: “Bukan masalah siapa dirimu atau seperti apa penampilanmu, selama ada yang menyayangimu”

4 bintang dari 5 bintang saya berikan untuk novel Roald Dahl pertama yang saya baca.

Advertisements

Author: wingedwind

Aku adalah aku yang sebagian aku tahu dan sebagian aku tak tahu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s