Matilda — Roald Dahl

39988Judul: Matilda

Penulis: Roald Dahl

Ilustrator: Quentin Blake

Penerbit: Puffin Books

Matilda adalah seorang anak perempuan yang lain daripada yang lain. Di usia tiga tahun dia sudah belajar membaca sendiri lewat koran dan majalah, dan di usia empat tahun dia sudah bisa membaca dengan cepat. Orang tuanya adalah orang tua yang bodoh dan menyebalkan. Mereka jauh lebih tampak kekanakkan daripada Matilda, apa lagi ayahnya yang menurut saya sangat jahat sebagai orang tua, mana kerjanya nggak halal pula. Dia sering meremehkan dan membodoh-bodohkan Matilda, dan menganggap kakak Matilda yang “normal” jauh lebih baik dari Matilda. Kakaknya Matilda nggak jahat sih, ini yang disayangkan, saya berharap kakaknya punya pengalaman lebih banyak sama Matilda karena apa ya… kakaknya ini bagaikan iklan yang lewat di novelnya. 😀

Di usia yang sangat kecil itu Matilda mulai banyak membaca buku (yang bahkan belom pada saya baca kecuali The Secret Garden. Dan Matilda suka buku itu, me too, me too! >< hahaha). Bayangkan anak empat tahun diem di perpustakaan baca buku layaknya orang dewasa. Lalu waktu dia masuk sekolah, dia bikin heran gurunya karena bisa menghitung dengan cepat. Hah, too good to be true, memang.

Di sekolah lah dia ketemu kepala sekolah yang sangat kejam. Sebetulnya kelakukannya sangat imajinatif kalo buat dibayangkan di dunia nyata. Tapi namanya juga cerita anak-anak. Di situ kadang saya sedih dan tertawa, seriusan, membayangkan betapa kejamnya Miss Trunchbull pada anak-anak, tapi di sisi lain juga malah jadi komedi karena nggak masuk akal. Kebalikannya, Miss Honey adalah guru muda yang penuh kasih sayang dan baik hati, yang ternyata punya cerita serius di balik kehidupannya.

Saya berikan 4,8 bintang untuk novel keempat dari Roald Dahl yang baru saya baca ini. Nanggung amat yaaaaa, tapi karena saya ngeri sama umpatan-umpatan Miss Trunchbull di depan anak-anak sih, banyak banget… Ya sudahlah, yang penting sejauh ini Matilda adalah novel Roald Dahl yang paling saya suka (entah ke depannya karena belom baca semua karya beliau).

Author: wingedwind

Aku adalah aku yang sebagian aku tahu dan sebagian aku tak tahu.

Leave a Reply

