Scene Sedih

Karena di #NulisRandom2015 hari pertama sudah menggambarkan betapa seringnya saya memikirkan hal-hal yang tidak penting, di sini saya akan menuliskan scene atau pemandangan apa yang membuat sedih namun sebetulnya kalau dipikir-pikir lagi tidak usahlah saya menjadi sedemikian sedih (ya, sering saya mendapatkan seolah banyak orang di kepala saya yang menyahutkan pendapat-pendapat mereka yang berbeda sampai saya pusing dan bagai tak punya pendirian hahaha). Bukan adegan film yang menguras air mata atau musibah teman saya atau apa pun (soalnya kalau itu termasuk penting).

Jadi ketika saya masih SMA dan berdiri di pinggir jalan dekat sekolah berniat pulang bersama teman-teman, dari sebuah arah di jalan ada tentara-tentara berbaris dan berlari kecil sambil bernyanyi. Mereka lewat di hadapan saya satu demi satu. Tiba-tiba saya melihat salah satu bapak-bapak tentara yang mimik mukanya menggambarkan ia sangat kelelahan. Gurat-gurat wajahnya masih menghantui saya sampai sekarang, meskipun detail wajahnya saya lupa. Saya termenung beberapa detik waktu itu. Saya merasa sedih tanpa alasan yang jelas. Rasanya saya ingin berlari ke warung terdekat dan kembali sambil membawa segelas air dingin untuknya. Rasanya saya ingin si bapak-bapak itu membagikan sedikit rasa lelahnya pada saya biar lelahnya berkurang.

Saya ingin bilang pada teman saya betapa saya sedih melihat bapak-bapak itu, tapi akhirnya saya diam saja. Saya pun sempat berpikir lebih jernih, itu biasa, lelah yang biasa, kenapa pikiran kamu begitu heboh? rasa lelahnya tidak semengenaskan yang kamu tangkap. Tapi tetap saja, semakin saya memikirkannya semakin saya merasa sedih. Bahkan setelah bertahun-tahun berselang sampai sekarang, saya masih agak sedih kalo ngebayangin bagaimana mimik wajahnya waktu itu, padahal saya sudah melihat banyak mimik-mimik orang asing lain yang sejenis, tapi mimik muka bapak tentara yang cuma saya lihat beberapa detik itu yang terus menguasai.


Ditulis untuk memenuhi ajakan #NulisRandom2015 yang diadakan @nulisbuku

Author: wingedwind

Aku adalah aku yang sebagian aku tahu dan sebagian aku tak tahu.

Leave a Reply

