Scene on Three (12)

I shook my head. “If I told you,” I said, “you’d think I was bonkers.”

“Bonkers?”

“Nuts,” I said.

She still looked puzzled. “Nuts?”

“Crazy,” I said.

 “Oh, that. Well, all parents suck sometimes,” I said.

“Is suck a bad thing?” Molly asked.

I nodded.

Masih diambil dari novel Seven Stories Up karya Laurel Snyder. Annie yang datang dari masa depan berbicara kata-kata yang Molly tidak mengerti, terlebih meskipun ia tahu arti katanya, terasa janggal untuk dipakai di kalimatnya.

Bahasa mengalami perubahan meskipun tidak besar. Tetapi beberapa kata telah mengalami pergeseran makna, baik meluas atau menyempit. Atau adanya tambahan kata-kata baru. Saya pun jika datang ke masa di mana nenek saya masih muda, beliau pasti takkan tahu apa itu arti alay.

Saya jadi ingat Upin & Ipin, mereka selalu bilang ‘seronok’ untuk hal-hal yang menyenangkan. Dan ternyata di kamus kita pun artinya menyenangkan. Mungkin kata seronok telah mengalami spesialisasi atau penyempitan makna, ya? Tapi saya penasaran di zaman kapan orang-orang memakai kata seronok sebagai hal yang menyenangkan secara luas alih-alih ‘menyenangkan’ dalam konteks negatif. Sayangnya saya belum pernah menemukannya kecuali di serial negeri tetangga yaitu Upin & Ipin. :mrgreen:


Mau ikutan Scene on Three? Silakan klik gambar di bawah dan lihat ketentuannya.

scene-on-three

Author: wingedwind

Aku adalah aku yang sebagian aku tahu dan sebagian aku tak tahu.

2 thoughts on “Scene on Three (12)”

  1. Iya, jadi inget pernah nemu kata galau di sebuah novel lokal baru, tapi posisinya sebagai subjek. Seharusnya kan kegalauan ya, sebagai kata benda, karena galau itu kan kata sifat. (eh, ini sebenernya bukan contoh yg nyambung sih, haha)

Leave a Reply

