Badud si Penjaga Mata Air

Gara-gara salah satu tokoh yang saya buat kemarin bernama Badu, saya jadi ingat si Badud.

Badud adalah nama seekor ikan yang mitosnya menghuni sebuah mata air di kampung kami. Konon, Badud yang sering disebut Si Badud (sehingga kadang-kadang ‘si’ tampak merupakan bagian dari namanya) adalah ikan berukuran besar dan matanya bisa berkedip.

Mata air yang ia huni adalah mata air yang mengalir ke sawah-sawah dan kolam-kolam. Terletak di antara pohon bambu yang rindang. Katanya ia sudah hidup lama sekali dan menjadi penjaga mata air. Banyak kisah-kisah seram soal Si Badud namun saya lupa hahaha. Saya curiga juga sebagian murni karangan teman saya. Dulu ketika SD saya melewatinya jika sedang berangkat dan pulang sekolah. Mengingat jalan kaki, kadang-kadang saya dan teman saya diam dulu di sisi jalan, memandang ke bawah sana, ke tempat mata air itu berada. Sebetulnya tidak begitu kelihatan karena terlampau gelap. Saya sendiri belum pernah benar-benar mendekati mata air itu. Jadi saya cuma membayangkan apa yang diceritakan orang.

Tapi tampaknya cerita Si Badud mulai pudar. Bahkan malah seperti ada beberapa versi soal apa itu Si Badud. Pernah saya tanya adik saya, dia bilang Si Badud adalah nama lubang di mata air. Mungkin maksudnya ikan lubang, saya pernah dengar juga ada ikan yang disebut ikan lubang. Dan setelah saya googling, ternyata ikan lubang adalah ikan sidat. Penampakannya cukup menakutkan karena mirip belut namun jauh lebih besar. Mungkin Si Badud ceritanya memang ikan lubang?

Wah, walaupun cuma mitos, apa kabar Si Badud, ya?

_______
Hari ke-12 #NulisRandom2015 yang diadakan @nulisbuku

Author: wingedwind

Aku adalah aku yang sebagian aku tahu dan sebagian aku tak tahu.

Leave a Reply

