Dua Bejana

Pada suatu ketika sesosok malaikat mendatangi seorang pemuda bernama Husin. Ia adalah pemuda yang taat beragama serta baik tingkah lakunya. Malaikat yang datang dengan kepakan sayap megah berupa cahaya itu memberikan dua bejana padanya.

“Untuk apa bejana itu?” tanya Husin.

“Bejana ini kuberikan padamu agar kau bisa melihat apakah pahala atau dosa yang lebih kau miliki.”

Lantas sang malaikat menjelaskan mengenai dua bejana itu. Bejana yang berwarna terang adalah bejana yang akan terisi air sedikit demi sedikit jika Husin melakukan perbuatan baik. Dan bejana berwarna gelap akan terisi air jika Husin melakukan perbuatan buruk. Husin menerimanya dengan senang hati. Siapa lagi yang diberikan kesempatan untuk melihat seberapa besar pahala atau dosanya?

Bertahun-tahun kemudian Husin tumbuh menjadi seorang kyai. Pahalanya semakin banyak, bejana berwarna terang semakin dipenuhi air, sementara bejana berwarna gelap memiliki air yang jauh lebih sedikit. Ia adalah kyai yang dicintai seluruh warga desa. Ceramahnya selalu mampu menjadi lentera bagi orang-orang yang merasa diperangkap kegelapan, dan menjadi air embun bagi jiwa-jiwa yang gersang. Lambat laun ia menjadi kyai primadona di sepuluh desa.

Dua bejana itu telah lama tak ditengoknya, terakhir kali Husin melihatnya, bejana berwarna terang masih berisi air jauh lebih banyak. Tetapi itu dua tahun lalu, ketika ia belum tenar. Husin telah melihat dirinya sendiri sebagai orang yang lebih bersinar ketimbang bintang. Ia menciptakan fatwa-fatwa, menulis belasan buku yang laris, dan lama kelamaan ia merasa ilmunya telah melebihi tingginya gunung.

Bersambung….


Hari ke-25 #NulisRandom2015 yang diadakan @nulisbuku

Advertisements

Author: wingedwind

Aku adalah aku yang sebagian aku tahu dan sebagian aku tak tahu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s