Ikan Asin Dibalikin

Ini adalah cerita yang saya dengar dari ibu saya juga. Saya akan menuliskannya pendek saja dan supercepat karena deadline. Ah, tak usah dalam konsep macam cerita pendek aja lah ya.

Jadi begini, alkisah pada suatu hari di tanah Sunda yang notabene penyuka ikan asin, sebuah keluarga baru saja mau makan siang. Lauknya hanya satu ikan asin. Mungkin sejenis ikan peda, yang jelas lebih besar dari ikan teri. Atau memang ikan peda hahaha. Orang-orang kampung yang miskin sering kali makan dengan ikan asin yang cuma dicocol-cocol ramai-ramai, biar ikannya awet, yang penting si nasi ada rasa asinnya (saya sangsi sekarang masih ada yang makan dengan metode begitu). Baru deh kalau udah terasa mesti dicubitin ikannya, mereka makan ikannya sedikit-sedikit sebagai pengasin nasi.

Tapi tepat ketika mereka mau makan, datang segerombolan tamu. Dan karena tamu adalah raja yang mesti disuguhi, mereka menyuguhkan makanannya (sebakul nasi dan satu ikan asin). Ah! tentu saja meskipun keluarga itu merasa senang telah bisa menyuguhi tamu, mereka juga agak sedih karena nggak jadi makan.

Si anak mengintip dari balik pintu, memperhatikan betapa lahapnya tamu-tamu.

“Bu, kita nggak jadi makan?” tanya si anak.

“Sabar, ya, mungkin mereka makannya nggak bakal abis. Kita tunggu aja. Kayaknya mereka bakal ngehabisin satu sisi ikan aja. Sisanya bisa buat kita.”

Si anak tetap diam-diam mengamati. Semakin melihat tamu-tamu yang lahap, semakin tersiksa rasanya. Satu sisi ikan asin nyaris habis, si anak berharap mereka segera berhenti makan. Tapi ternyata tidak. Mereka terus makan, dan pemandangan yang tidak diharapkan si anak pun terjadi.

“Bu, ikan asinnya dibalikin.”

Begitulah ceritanya, tamat sampai di situ. Salah satu cerita yang terus menempel di pikiran saya dari dulu. Mengenaskan dan nahas. Apalagi ketika si anak dengan kubayangkan sungguh nelangsa dan pasrah memberitahu ibunya bahwa ikan asinnya dibalikin, yang artinya kemungkinan besar bakal dihabiskan tamu-tamu dan tak menyisakan sedikit pun buat mereka.


Hari ke-29 #NulisRandom2015 yang diadakan @nulisbuku

Advertisements

Author: wingedwind

Aku adalah aku yang sebagian aku tahu dan sebagian aku tak tahu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s