A Tale Dark and Grimm — Adam Gidwitz

a tale dark & grimm

Judul: A Tale Dark and Grimm (A Tale Dark and Grimm #1)

Penulis: Adam Gidwitz

Penerbit: Penguin Group

Dongeng terkenal Grimm mengenai Hansel dan Gretel diceritakan secara berbeda di novel ini. Meskipun sekilas ditujukan untuk anak-anak, namun tidak, sama sekali bukan untuk anak-anak. Di dalamnya, banyak deskripsi mengenai darah, tebas-tebasan pedang, bahkan bulan pun dapat memakan anak-anak. Dimulai dengan ceritanya adanya seorang pelayan kerajaan bernama Johannes yang sangat patuh dan loyal membantu sang raja baru untuk mendapatkan istri. Setelah itu penggal-memenggal kepala terjadi dan huaaah, saya menahan napas berkali-kali.

Nah, raja dan ratu itu memiliki dua anak yaitu Hansel dan Gretel tadi. Namun mereka berdua melarikan diri dari kerajaan setelah mengetahui bahwa ayahnya memenggal kepala mereka (ya, hidup lagi emang sih). Namun, di luar sana, bukan kenyamanan dan keindahan yang mereka dapat. Melainkan rangkaian mimpi buruk yang terlalu keras dan mengerikan untuk anak seusia mereka. Kadang-kadang saya nggak tenang bacanya.

Oh iya, ada narator dalam novel ini yang kadang menginterupsi. Saya suka bagian naratornya karena kadang lucu dan hm… cukup menasihati. Thanks. Suara naratornya ini kadang menyelip di antara kisah-kisah kelam Hansel dan Gretel. Lumayan buat penetralisir. Hahaha. Novel debut ini recommended deh, terutama buat yang suka fantasi yang dark and grim and also Grimm! 😀

Empat dari lima bintang!

Author: wingedwind

Aku adalah aku yang sebagian aku tahu dan sebagian aku tak tahu.

Leave a Reply

