Manusia Sombong

xvgxprw8cklv (1)
source: videohive.net

Pada suatu ketika, hiduplah seorang manusia yang amat tinggi hati, saking tinggi hatinya, ia kerap disebut si Sombong.

Dan suatu hari, ia mencaci maki seorang kakek yang telah menabraknya di jalan karena buta.

“Hei, kakek tua!” geramnya congkak. “Berani-beraninya orang melarat sepertimu menabrakku.”

“Maaf Tuan, saya buta.”

“Oh, maka semakin tak pantaslah engkau menyentuhkan pakaian compang-campingku ke pakaianku!” dengusnya.

“Mengapa Tuan sangat sombong? Sesungguhnya aku manusia ciptaan Tuhan, sama sepertimu.”

“Memangnya kenapa? Aku sombong karena aku pantas untuk itu!”

“Bahkan langit tak pernah mengatakan bahwa ia tinggi,” ujar si kakek tua dalam nada suaranya yang tetap tenang.

“Tentu saja! Langit tidak punya mulut!” bentak si Sombong.

Si kakek tua merasa tidak perlu lagi meladeni si Sombong, maka ia pun melanjutkan perjalanannya. Sementara, setelah mengutuk-ngutuk betapa tak sopannya si kakek tua, si Sombong pun pergi.

Namun tiba-tiba langit menggelap, gemuruh menggelegar.  Kilat menyambar si Sombong, lantas ia mati.

 

 

 

Author: wingedwind

Aku adalah aku yang sebagian aku tahu dan sebagian aku tak tahu.

Leave a Reply

