Seekor Tikus di Dapur

Seekor tikus melintas di dapur setelah bersusah payah melewati celah bawah pintu yang bolong di sebuah rumah. Tujuannya hanya satu. Mencari makan, bertahan hidup.

“Dasar tikus-tikus tak berperasaan!” seru Nyonya Rumah di ruangan sebelah.

Si Tikus terkaget-kaget. Ia merasa telah ketahuan. Ia lirik sana-sini, mencari tahu apakah Nyonya Rumah benar-benar memergokinya. Tapi tidak, suaranya jelas dari ruang sebelah. Ia bahkan datang ke dapur ini sendiri, tidak rombongan sehingga dibilang tikus-tikus.

“Uang kita itu, uang-uang rakyat miskin!” teriak Nyonya Rumah lagi. Marah benar kedengarannya.

Si Tikus bertanya-tanya apakah ada seseorang dari bangsanya telah mencuri uang dari pemilik rumah ini. Ya ampun,  bodoh sekali, uang buat apa? Ia berpikir. Sementara itu di depannya tampak sepotong kue basah yang menggiurkan.

“Nasib, Bu, beginilah kita dari dulu, kerja banting tulang, sementara tikus-tikus berdasi itu enak makan uang rakyat,” timpal Tuan Rumah.

Sudah makan uang, berdasi pula! Tikus macam apa itu? Pikir Si Tikus sambil berancang-ancang melewati selusin tumpukan piring untuk mendapatkan kue incarannya. Ia akan memeluk kue itu sejenak sebelum nanti dibawanya pergi, ke gorong-gorong di mana segalanya terasa menenangkan.

Hup!

Ia mendapatkan kue itu. Namun tiba-tiba kepalanya dihantam sesuatu, ia tak bisa bergerak, ia kesakitan. Sadarlah ia bahwa ternyata ia telah masuk perangkap. Ia tidak tahu apakah akan lolos dari maut atau tidak, mengingat Nyonya Rumah datang dan menatap gembira ke arahnya.

“Akhirnya kena, Pak!”

“Apa?”

“Tikus.”

Si Tikus semakin sekarat. Sekelebat pertanyaan melintas di otak tikusnya, siapakah tikus-tikus berdasi yang aneh itu? Tiba-tiba ia ingin mereka mengalami apa yang menimpanya sekarang.

 


Hari ke-1 #NulisRandom2017 yang diadakan @nulisbuku

Advertisements

Author: wingedwind

Aku adalah aku yang sebagian aku tahu dan sebagian aku tak tahu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s